Ucapan Selamat Maulid Nabi Muhammad 2019/2020

Ucapan Selamat Maulid Nabi Muhammad - Pada bulan ketiga tahun baru Hiyriyah, lebih tepatnya paada tanggal 12 adalah termasuk hari special bagi umat muslin. Mengapa tidak? Karena pada tanggal tersebut, umat Muslim terutama di Indonesia akan merayakan Maulid Nabi Muhammad saw. Atau dengan kata lain, merayakan hari lahirnya Nabi Muhammad ke dunia. Oleh karena pentingnya perayaan ini mengingat umat Islam merupakan mayoritas di Indonesia, Maulid Nabi Muhammad sudah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional seperti halnya Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Di Indonesia sendiri, perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan dengan begitu meriah. Peringatannya pun dilakukan dengan berbagai cara tergantung daerahnya. Diantaranya adalah menghiasi masjid dengan diikuti pemasangan spanduk serta billboard tentang memperingati Maulid, mengadakan tabligh akbar, menghadiri ceramah-ceramah keislaman yang banyak diadakan di masjid-masjid hingga peringatan berbagi makanan dan membaca puisi.



Tak hanya itu, di bulan kelahiran sosok mengagumkan dan luar biasa ini juga dirayakan dengan mengadakan kegiatan pengajian, Tilawatil Qur’an dengan rutin serta pembacaan syair barzanji lho. Di Indonesia, perayaan Maulid di “bulan kelahiran Nabi” ini menjadi salah satu agenda penting dan kerap diperingati. Oleh karena itulah, biasanya peringatan Maulid memiliki tema-tema yang berbeda setiap tahunnya. Tujuannya adalah sebagai wujud rasa syukur atas diutusnya Nabi Muhammad oleh Allah ke dunia.

Sebagai informasi dalam sejarah, perayaan Maulid Nabi Muhammad yang paling awal dilakukan oleh Raja Irbil yang bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri pada awal abad ke-7 Hijriyah. Dengan merayakan Maulid Nabi Muhammad, diharapkan masyarakat awam dapat lebih mengetahui dan menambah khazanah pengetahuan tentang kehidupan Nabi lewat ceramah-ceramah pada saat perayaan, mencintai Nabi Muhammad atas segala perjuangannya menegakkan Islam, serta berharap kelak akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad di Yaumul Akhir.

Ada beberapa tema yang sering digunakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Nabi Muhammad sebagai motivator pembentuk karakter umat
  • Akhlak Nabi sebagai suri tauladan yang tak lekang waktu
  • Mengambil hikmah dari ketauladanan Rasulullah
  • Kasih Allah dan Nabi Muhammad kepada umat Islam
  • Meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


Tentu saja masih banyak tema lainnya yang bisa dijadikan tema kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad baik itu di sekolah, komunitas dan masyarakat. Apapun temanya yang terpenting sekitar peranan dan kehidupan Nabi Muhammad dalam Islam serta pengaruhnya bagi umat Muslim. Selain dalam bentuk perayaan besar, Anda juga bisa memperingatinya dengan cara sederhana, misalnya saja dengan menggunakan quote atau memberikan ucapan selamat memperingati lewat media sosial.

Hal itu dilakukan agar semua orang tahu bahwa sedang ada perayaan Maulid serta sebagai wujud rasa sayang Anda kepada Nabi. Anda memberitakan kabar baik tersebut kepada seluruh orang yang Anda kenal agar mereka pun ikut serta mencintai Nabi dan merasakan perjuangan Rasulullah dalam menegakkan Islam. Beberapa contoh ucapan dan atau ajakan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad yang bisa Anda posting di media sosial serta pesan singkat Anda adalah sebagai berikut.

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Semoga spirit Rasulullah dalam mengajarkan Islam bisa ditiru dan dicontohkan oleh generasi muda zaman sekarang”

“Mari melakukan revolusi mental umat serta bangsa dengan contoh Rasulullah. Selamat Maulid Nabi Muhammad untuk semua!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Engkau memiliki jutaan hati yang selalu bershalawat kepadamu hingga hari ini, wahai Nabi”

“Bangsa yang berakhlak selalu mencontoh kejujuran, kerja keras dan kecerdasan Rasulullah dalam membangun umat. Selamat Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Akhlak Nabi adalah Al-Qur’an sementara sunnahnya adalah akhlakul karimah dan budi pekerti luhur. Mari mencontoh Nabi dalam kehidupan sehari-hari agar hidup lebih baik dan berkah”

“Yuk jadikan Nabi Muhammad sebagai motivator terbesar dalam kehidupan kita. Selamat Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Jangan tema perayaannya saja yang menarik, namun jadikan acara perayaan tersebut sebagai momentum awal membentuk akhlak Islam yang mulia”

“Semangatlah dalam menghadapi tantangan zaman apalagi di zaman modern seperti sekarang ini. Selamat Maulid Nabi Muhammad bagi semua yang mencintai Nabi!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Jadikan hadits dan sunnah Nabi sebagai pedoman selain Al-Qur’an demi menuju kehidupan yang lebih baik”

“Semangat menghadapi tantangan zaman berdasarkan atas tuntutan Nabi. Selamat Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Jadikan Al-Quran serta Hadits sebagai penuntun hidup sehari-hari”

“Pada hari ini empat belas abad yang lalu telah lahir seorang anak manusia yang menjadi penyempurna akhlak umat. Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Mari maknai, resapi dan jadikan peringatan kelahiran Nabi sebagai landasan dan motivasi untuk menciptakan generasi unggul yang Rabbani”

“Gembira, bahagia, dan meriah. Itulah yang dirasakan semua umat Islam pada hari kelahiran Rasulullah. Selamat Maulid Nabi Muhammad untuk semua!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Keteladanan beliau merupakan motivasi luhur bagi semua muslim di dunia untuk menjalani kehidupan lebih baik”

“Rasulullah merupakan contoh paling tepat kehidupan berakhlak mulia dan bermoral baik untuk umat Islam. Selamat Maulid Nabi Muhammad, ya!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Yuk, sampaikan doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad pada hari berbahagia ini”

“Mari amalkan ajaran Rasulullah sebagai suri tauladan paling baik bagi semesta alam. Selamat Maulid Nabi Muhammad!”

“Kami mengucapkan Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad. Semoga dapat meneladani sifat-sifat Nabi demi kebaikan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Mari sebagai umat muslim kita mencontohi sekaligus mencintai Rasulullah sebagai utusan serta rahmat bagi semesta alam”

“Semoga perayaan Maulid Nabi pada tahun ini berlangsung meriah. Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Maulid Nabi Muhammad! Semoga ajaran Nabi selalu melekat dalam diri umat Muslim Indonesia demi kehidupan bangsa yang lebih baik”

“Yuk tetap bertoleransi dan saling menghormati serta menghargai sesama manusia sebagaimana ajaran Rasulullah. Selamat Merayakan Maulid Nabi Muhammad!”

“Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad! Semoga akhlak mulia dan kehidupan Nabi bisa menjadi cerminan teladan kita semua”

“Teruslah meneladani sikap dan sifat Nabi Muhammad saw. Semoga kita mampu meniru-nya dengan baik. Selamat Maulid Nabi Muhammad!”


Beberapa quote dan ucapan selamat berkenaan dengan Maulid Nabi Muhammad di atas bisa digunakan untuk memperingati kelahiran beliau. Tak hanya sekedar kata-kata, quote-quote tersebut juga mengandung ajakan untuk mengikuti dan mencontohi akhlak mulia Rasulullah yang sudah terkenal di seluruh dunia sebagai seseorang yang jujur, santun, dan disayangi Allah. Apa lagi tujuan hidup kita di dunia selain daripada berusaha sedikit demi sedikit agar disayang dan dicintai oleh Allah, bukan? Nah, barang siapa yang memang menginginkan syafaat Nabi Muhammad kelak di Hari Pembalasan, maka marilah berusaha untuk menyayangi dan mencintai Nabi lebih dari apapun. Salah satu wujud cinta tersebut adalah mencontohi akhlak-akhlak mulianya serta ajarannya dalam kehidupan kita.

Subscribe to receive free email updates: